Minggu, 03 Januari 2010

Poliandri, Lazim atau Tidak??

malem diary...

kali ni gw pengen sharing ttg poliandri, udah pada tw kan pa yg dimaksud dgn poliandri??
klo pada ga tw untuk lebih enak'a gw jelasin sedikit dulu yaa, klo gitu silahkan buka buku paket sosiologi hal...(loh??? wah mangap eh mav..jiwa guru gw muncul lagi ni hahaha) lol
poliandri tu sebener'a adalah anak cabang dari poligami (halah..mang'a rumah makan? pake da anak cabang xixixixixixi), orang2 suka pada salah kaprah m'nafsirkan pengertian dari poligami. yg kalian tw ttg poligami pasti seorang suami yg punya banyak istri, ya kan? ya kan?
sayang sekali anda salah..!!! twisted
yg d'maksud poligami adalah seseorang yg memiliki lebih dari 1 pasangan (baik pria maupun wanita), nah poligami tu d'bagi 2: poliandri & poligini..poligini ni yg arti'a seorang suami punya banyak istri

baidewei eniwei busway..yg akan gw bahas kali ni adalah poliandri alias istri yg punya lebih dari 1 suami (logika'a punya banyak dunx!!), mungkin praktek poliandri ni ga lumrah d'telinga qt tp ga bisa d'pungkiri klo pada kenyataan'a poliandri ni banyak terjadi bahkan menjadi budaya d'beberapa negara, cth'a: Tibet, Toda (India Selatan), dll (gw lupa hehehe confused)..pada dasar'a c agama melarang terjadi'a praktek ni karna anak yg dilahirkan nanti ga akan jelas cpa bapak'a, sisa'a lebih k'pandangan 'lumrah' hasil konstruksi masyarakat (lagi2 masyarakat yg b'peran) tp klo gw pikir2 c lucu aja klo seorang istri punya 2 suami atw lebih *alasan'a: jarang da cw yg punya nafsu seks tinggi & berani ngumbar 'kelebihannya' tu k'khalayak ramai (cadas bahasa gw!! wkwkwkwkwk)

baru2 ni gw baca satu artikel d'tabloid wanita (dewasa) yg b'cerita ttg kisah hidup seorang pelaku poliandri yg b'jenis kelamin wanita -ya iyalah klo poligini baru laki2-, cerita'a gini:
d'Tibet hiduplah sebuah keluarga (ko' kayak dongeng yaa???) yg cukup aneh menurut gw, ga lazim aja klo qt kompare dgn budaya Indonesia karna kluarga ni bukan suami'a yg punya 2 istri tp istri'a yg punya 2 suami.!!! ternyata tu merupakan budaya d'sana (yah..samalah kayak 'budaya' poligini d'Indonesia hehehe) dgn alasan: m'hemat biaya mas kawin, m'pererat tali p'saudaraan & m'hemat stok wanita d'sana (menurut data yg gw dapet dr internet, jumlah wanita d'sana lebih sedikit daripada laki2, mungkin karna negara'a dingin kali yaa)..yg melakukan praktek poliandri ni biasa'a c suami kakak-adik.
nah c wanita ni awal'a menikah dgn yuya (nama d'samarkan karna saya lupa)mrgreen trz ga berapa lama kemudian adik kandung yuya yg b'nama mamoru (ni negara Tibet pa Jepang c???? hahaha) jg da keinginan utk nikah, namun karna kondisi keuangan kluarga merekia tdk memungkinkan utk nyiapin mas kawin akhir'a dinikahkanlah mamoru dgn istri'a yuya yg m'jabat sbg kakak ipar mamoru d'kluarga tsb hohoho..c wanita c setuju2 aja walopun awal'a sempet risih jg ma keputusan tsb tp akhir'a dy setuju dgn alasan 'adat' & bisa m'pererat tali p'saudaraan antara yuya dgn mamoru (ga abiz pikir gw ma pemikiran org sono),,gw salut loh ma lelaki sana perihal ketebalan & kelapangan hati mereka yg bisa nerima istri'a d'nikahin ma sodara kandung laki2'a sendiri (klo di Indonesia pa kabar'a yaa nasib tu cw?? cw punya 2 co aj lngsng d'putus gmn pnya 2 suami?? langsung talak 3 tu kayak'a ckckckck)
, lucu'a mereka (yuya ma mamoru) udah bikin kesepakatan about masalah p'bagian 'tidur' mereka..karna yuya adalah anak 1 & dy duluan yg nikah ma cw ni akhir'a yuya m'dapatkan 4 hari kumpul b'sama istri'a sedangkan mamoru harus puas dgn hanya dpt jatah 3 hari. kluarga ni d'anugrahi 3 org anak (2 pria ma 1 cw) yg parah'a yuya, mamoru ma istri mereka sendiri g tw tu 'hasil' cpa..yuya ma mamoru sepakat m'anggap mereka smw adalah anak kandung mereka karna yuya & mamoru pun toh sedarah


dari cerita singkat d'atas, pasti kalian udah bisa nganalisa baik & buruk'a praktek poliandri kan??? klo menurut gw c lucu aja, istri bisa dibagi2 & tetep aja wanita yg jadi korban karna martabat seorang wanita seolah secara tdk langsung d'rendahkan..wanita cuma bisa nerima pa keputusan sang suami yg notabene adalah lelaki, walopun keputusan tu aneh & ga lazim (eh..sama aje yaa???) serta b'tentangan ma hati nurani,, bayangin aja masa qt d'suruh ngelayanin 2 nahkoda dlm 1 kapal??? gile aje tu.!! wanita tu jg manusia yaa bukan binatang tp pa mw dikata klo lagi2 suatu prinsip b'tentangan dgn budaya?? mw g mw, suka g suka, pengen g pengen, makan g makan (?????) yaa harus nurutin pa mw'a suami hahaha -nasib..nasib-

okz deh..kayak'a cukup sekian p'jelasan dr gw, klo da yg bingung ma makna yg t'sirat dr tulisan ni saya buka kesempatan utk 3 p'tanyaan hohoho..lebih kurang'a mohon mav, terima kasih
*kasih tepuk tangan dunx!!!
pika20


mrgreenpika20

0 komentar:

Posting Komentar