Minggu, 17 Januari 2010

Jadi Orang Cerdas....

kemarin -tepat'a jam 08.00- gw nemenin temen gw bwt bimbingan skripsi k'rumah Dosen Pembimbing'a (DP) d'komplek BKKBN Kramat Jati. Mang bener kata pepatah yg mengatakan "tak kenal maka tak sayang", hal ini yg merasuk dalam benak gw utk m'deskripsikan sosok dosen tamu d'jurusan Sosiologi UNJ yg merangkap sebagai Kepala BKKBN sekaligus DP'a temen gw ni. Pak Andarus (nama beliau) sebener'a ga begitu familiar d'kalangan mahasiswa sosiologi angkatan 2005 (angkatan gw kuliah) karna kami ga pernah dapet mata kuliah yg d'ajar beliau maka'a ketika sobat gw dapet p'Andarus sebagai DP'a, kami mulai kelabakan karna kami ga tw seperti apakah karakter dari seorang dosen tua yg b'nama p'Andarus ini. dari selentingan kabar yg gw dapet dari kk kelas ma temen2 yg dari prodi sosiologi pembangunan (prodi gw pendidikan sosiologi) yg pernah d'ajar ma beliau, gw dapet gambaran sekilas mengenai sosok p'Andarus ni. jujur, yg da d'benak gw saat tu utk m'deskripsikan sosok p'Andarus adalah seorang dosen tua yg kolot, ribet, sibuk (krn profesi utama beliau sbg Kepala BKKBN), dll; pokok'a yg jelek2 deh (mav yaa pak hehehe). maka'a ketika sobat gw ngajakin gw utk anterin dy k'rumah p'Andarus ni, gw rada2 males cz gw ngerasa ga akan nyambung ma beliau..alhasil gw tetep nemenin sobat gw tp dgn setengah hati hohoho

cukup susah nyari komplek rumah p'Andarus ni, selain tu komplek t'letak d'belakang jalan raya (agak t'sembunyi) no rumah'a jg ga b'urutan & p'Andarus ni ga ngasih patokan RT/RW'a..!!! (bayangin dah gmn repot'a nyari rumah org yg qt g dikasih tw alamat lengkap'a!!)..setelah muter2 kesana-kemari + nanya mpe hampir 10 org yg lewat d'jalanan tsb akhir'a da jg seorang ibu baik hati (cielah..) p'jaga warung yg tw rumah p'Andarus (horeeeee!!!)

sekilas, rumah p'Andarus g terlihat seperti rumah dosen2 'mapan' yg pernah gw singgahi & rumah tsb ga m'cerminkan rumah seorang Kepala instansi yg cukup t'kemuka d'negri ni layak'a para pejabat2 lain'a..rumah beliau terlihat sederhana tp asri (gw ngerasa nyaman dgn suasana rumah'a hehehe),, 15 menit pertama gw dalam posisi diam sambil mainan HP sedangkan sobat gw sibuk bimbingan ma p'Andarus; 5 menit kemudian gw t'gerak utk ikut dalam 'acara' diskusi tsb karna semua teori ataupun pengalaman hidup yg d'kemukakan p'Andarus menarik minat gw
*sampai d'situ pandangan gw ttg p'Andarus mulai b'ubah k'arah positif hoho
beberapa menit berikut'a gw udah asyik ngobrol (acara bimbingan sobat gw udah selesai tentu'a jd masuk k'waktu bebas hahaha) ma p'Andarus..jujur aja, gw amat sangat t'tarik & kagum ma beliau. seorang dosen b'usia 65 th yg aral melintang d'dunia sosiologi ni (bahkan beliau sering keliling dunia utk m'ikuti seminar2, rapat2 sosiologi & memiliki banyak kenalan para tokoh sosiologi baik d'Indonesia maupun mancanegara) merupakan seorang pribadi yg sangat sederhana namun bijak..bener2 seorang sosiologi sejati dalam pandangan gw!!!

beliau bilang gini k'gw "jangan jadi orang pintar namun jadilah orang cerdas, karna orang yg cerdas sudah pasti pintar namun orang pintar belum tentu cerdas..klo kamu cuma jadi orang pintar maka sama hal'a kamu dgn para pejabat Indonesia pada umum'a yg memiliki ilmu yg tinggi tapi nol dalam praktek'a, banyak dari mereka yg lulusan luar negri bahkan m'dapatkan gelar Prof tapi tetep aja mereka korupsi & nasib bangsa ini tidak akan pernah b'ubah klo kamu sebagai generasi muda ga menjadi orang yg cerdas"

kata2 tsb t'ngiang dalam kepala & hati gw..bener jg, utk menjadi pintar tu gampang tp utk menjadi cerdas tu sangat amat susah. dibutuhkan prinsip kuat & kemauan utk m'berikan kontribusi yg nyata dari ilmu yg selama ni udah qt pelajari (klo bwt gw yaa sosiologi hehe).."jangan cuma mw jadi dosen aja jeng tp jadilah peneliti serta volunteer bagi masyarakat karna sosiologi tanpa p'abdian thdp bagi masyarakat sama aja dgn sayur tanpa garam!!".....oooo kalimat tu semakin memacu gw utk bisa ikut andil dalam m'berikan kontribusi pada masyarakat (Insya Allah). & dengan b'diskusi serta m'dengarkan cerita2 serta pengalaman2 beliau saat melakukan penelitian k'berbagai lapisan masyarakat bahkan suku t'asing d'Indonesia m'buat gairah 'peneliti' gw semakin besar & b'harap suatu saat gw akan seperti beliau bahkan lebih dari beliau hohoho

bukan materi yg gw cari (yaa ga muna jg c gw klo gw jg butuh materi) tapi kesenangan ma kepuasan batin yg menjadi prioritas utama gw...gw sangat m'cintai kegiatan mengajar & neliti, hahhhh...ya Rabb semoga suatu saat gw bisa m'realisasikan semua rencana2/ide2 yg da d'kepala gw ni sehingga gw bisa menyumbangkan kontribusi positif & b'manfaat bwt masyarakat aminnn...
SEMANGAT.!!!
\(^_______________________^)/

@least: makasih yg sebesar2'a bwt sobat gw yg udah ngenalin gw k'sosok hebat seperti P'Andarus..& juga terima kasih banyak utk P'Andarus (u'r my inspiration) yg udah bersedia ngeluangin waktu'a utk m'jawab pertanyaan2 serta melayani keinginan saya utk b'diskusi (kapan2 diskusi lagi yaa pak hahaha)

2 komentar:

wahid_vs_kebo mengatakan...

wew...
salut buat pak andarus,,,
kalo gw ga bisa cerita tentang dosen gw,,,hehe,,ntar yg baca pada pusing ngeliat rumus2 aneh,,, :p

ajeng mengatakan...

wkwkwkwk..iy jg yaa, u kan jurusan elektro
ntar yg da malah kerokan dah yg baca gara2 baca rumus2 gitu hehehe

hahhh..pengen bgt gw cel jd kayak beliau, gw jg b'cita2 ni pengen jadi guru d'daerah pedesaan ..yaah biar sekalian bisa pengabdian & neliti gt, doakan aqyu yoo!! (benteng takeshi : mode on)

Posting Komentar