Kamis, 07 Januari 2010

Merokok sebagai Tindakan Sosial bagi Wanita

Sebener'a judul ni adalah judul karya ilmiah gw waktu semester 3 utk matkul Sosiologi Perkotaan tp setelah gw pikir2 da baik'a juga klo gw share d'blog gw,,sapa tw aj b'manfaat hehehe

sesuai dgn judul'a yaitu "Merokok sebagai Tindakan Sosial bagi wanita" udah pasti yg akan gw bahas disini adalah kegiatan merokok yg sekarang udah cukup lumrah dikalangan wanita..dulu kegiatan merokok atw 'nyemok' (istilah prokem'a) hanya populer dikalangan pria sebagai identitas kemaskulinan, tapi seiring dgn p'kembangan jaman pameo tu udah g b'laku lagi hohoho..
oke, da baik'a klo gw jabarin dulu awal mula populer'a rokok dikalangan wanita yaa (tapi mav klo ntar gw ga pake taun'a cz gw lupa hihihihi)

b'awal dari kerjaan'a c Frederick Onassis (pd tw kan cpa tu Frederick Onassis??? tu lah p'usaha sekaligus Don Juan asal Yunani yg sempet jd suami kedua'a Jacky Kennedy). awal'a c Onassis tu mang b'asal dari kluarga kaya (Borjuis klo istilah sosiologi'a) namun sejak PD (sory, gw lupa PD yg 1 atw 2, jgn dimarain yaa!! )
nah paz PD tu kluarga c Onassis bangkrut bahkan sebagian kluarga Onassis banyak yg jd korban jiwa, salah satu yg selamat adalah c Frederick Onassis ntu..berkat kelicikan ma kecerdikan'a dy akhir'a dy lolos & berhasil hijrah k'London ehh...Itali deng hehehe, nah d'situ dy muter otak gimana cara'a biar ekonomi'a kedongkrak akhir'a berkat insting pengusaha'a dy yg gw akuin amat sangat "Topcer", Onassis dapetin ide biar ekonomi'a naik lagi..

gw akuin klo bakat 'usaha' ma bakat 'playboy' disatuin maka bisa m'hasilkan keuntungan yg b'lipat ganda bahkan m'datangkan kejayaan bagi c empu'a hohoho

nah ni yg t'jadi ma Onassis, berkat bakat perayu'a dy b'hasil m'gaet model papan atas d'Itali yg lagi-lagi gw lupa akan nama'a -maklum blom kenalan ;p- utk m'coba suatu barang hasil ide'a dy yaitu ROKOK, pada saat tu rokok hanya d'nikmati oleh kaum adam aja..inilah yg m'buat Onassis b'pikir utk m'jadikan rokok sbg komoditi bagi kalangan wanita, maka dibuatlah rokok utk wanita dgn m'gunakan 'pacar'nya yg model ntu sebagai spokeperson
& cara'a berhasil ternyata sodara-sodara
rokok jadi populer dikalangan wanita jetset Itali..tw lah Itali sebagai salah satu ikon negara mode (selain Prancis) pasti'a dapat m'berikan influence yg cukup besar bagi trend dunia...hal ini b'dampak pada merebak'a rokok dikalangan wanita jetset (awal'a) Eropa & d'lanjutkan oleh trend merokok d'benua lainnya..dan sekarang sebagian wanita dari b'bagai lapisan sosial & usia udah mulai 'akrab' dgn rokok

kenapa gw asumsikan klo merokok dikalangan wanita sebagai suatu tindakan sosial (gw pake teori'a Max Weber)? karna d'balik kegiatan merokok yg dilakukan oleh para kaum wanita da faktor2 yg m'dorong & tujuan yg hendak d'capai dari kegiatan tsb..utk lebih detail'a c tindakan rasionalitas instrumental dimana secara sadar c pelaku melakukan tindakan'a atas dasar dorongan t'tentu yg hendak dy capai. nah dari responden2 yg udah gw wawancara, hasil yg gw dapet adalah merokok yg mereka lakukan pada dasar'a adalah dorongan utk mendapatkan 'gengsi' atw prestise sebagai seorang sosialita..karna mereka pikir klo rokok tu adalah salah satu cara yg paling ampuh utk b'sosialisasi (hmmmm...pemikiran yg tdk akurat & tdk b'dasar). pernah denger pameo "klo ga ngerokok bukan cw gaul"?? nah pameo ni menjadi alasan k-2 para wanita kota -khusus'a remaja- mulai nyoba 'nyemok'

"iya jeng, awalnya c gw tu mulai nyoba ngerokok gara2 genk gw pada ngerokok smw..akhir'a gw ikutan juga biz setelah gw liat2 klo ngerokok tu arah p'bicaraan ma co jd asik, lagian gw ga mwlah dianggep ga gaul hehehe". ni salah satu jawaban yg gw dapet dr informan gw waktu gw tanya alasan dy ngerokok

fyuuhhh...ga salah juga c mereka b'pikiran gitu cuz t'gantung ma psikologi & iman masing2 palagi jaman sekarang dunia seolah udah kebalik, jaman dulu ngerokok yg awal'a bukan 'kebiasaan' wanita sekarang udah jd suatu trend t'sendiri dikalangan kaum hawa sedangkan nyalon yg awal'a "kepunyaan" wanita kini udah menular k'kaum adam,,aduh..aduh ntar palagi yaa??? hihihihi

klo boleh ngutip syair lagu'a Warteg Boys: okelah klo begitu (pake logat Tegal yaa!! xixixixixi) qt tunggu aja trend pa berikut'a yg melanda cw
sampai b'temu lagi d'tulisan2 gw berikut'a dgn tema2 yg lebih menarik & menantang (halah)..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

hehehe.. i'm coming.. menjawab panggilan anda.. hahahaha... (jayus bgt!?!?!?)
wah ini bingung komen yang mana bugru (bu guru maksudnya..).. komen yang onassis (atau o narsis ya?? whatever..) atau yang merokok ya?? hahaha sebenarnya aku lebih tertarik mbahas onassisnya bu'.. keren ya.. dari awalnya terpuruk kemudian bisa sukses lagi (apalagi jika animo masy kita hari ini begitu antusias) yah.. walaupun caranya machiavellian bgt... tapi terelepas baik buruk.. gut banget lah... hahahaha. trus ngomongin rokok ya?? sebenere kalo aku pribadi orangnya sulit menghafal teori seh.. kalo gak salah max weber itu intinya masyarakat terwujud dikarenakan kemampuan manusia untuk berpikir atau dengan kata lain konstruksi sosial tidak lebih dari kumpulan dan kesepakatan ide-ide pada manusia-manusia yang berkumpul pada suatu wilayah (bener gak seh??? maaf buku weber terlalu tebel dan bahasanx berbelit-belit.. jadinya tak buat tidur.. hehehe)... jika demikian maka aktifitas merokok wanita tersebut tidak lebih dari proyeksi ide atau pemahaman yang mereka anggap bener. sehingga ketika kamu memberi contoh "awalnya nyoba ngrokok bla..bla..bla..dst" hal ini berarti cewek ini memiliki pemahaman bahwa dengan adanya dia merokok dia akan merasa nyaman dengan bisa diterima dab bisa berinteraksi dengan teman2 se-genknya. beda bengan emile durkheim yang justru kebalikannya... kalo g salah jika berdasarkan teori fakta sosial dia (yg aku pahami nih ya)kenapa dia merokok, karena adanya motiv-motiv sosial atau sederhananya adalah konstruksi sosial memberikan dorongan untuk merokok. kalo domasukkan ke kasus berarti cewek tadi merokok karena genknya memberikan paksaan atau dorongan untuk harus merokok.. getoch...
kalo itu pendapatku bugru.. sori ya kalo ada yang salah.. lumayan sambil inget2 MK sebelumnya.. tapi ya gtu... kalo lihat buku gedhe plus iman lagi rendah.. pasti buat bantal.. dan berharap bisa memimpikan teorinya... hahahaha

ajeng mengatakan...

bener...da motiv2 atau dorongan dari luar yg m'buat c wanita ngerokok tp c wanita tu sendiri jg punya tujuan yg hendak dy capai maka'a dy ngerokok

maka'a kenapa saya katakan knp merokok tu merupakan tindakan sosial? karna sesuai dgn teori'a max weber yg tindakan rasional instrumental, disitu dikatakan bahwa bukan semata dorongan dari luar namun memang pada dasar'a da tujuan tersendiri yg mendorong pelaku utk melakukan hal tsb & dy secara sadar (tanpa paksaan) dy lakukan hal tsb...nah dalam kasus ni, c wanita tu tidak m'dapatkan paksaan bud, dy ga d'ancam/ditekan tapi murni karna c cw ni t'giur ketika dy liat temen2'a yg notabene adalah wanita perokok aktif mampu b'sosialisasi/ punya banyak teman gitchuuuu...hehehe

*mav jg yaa klo analisa saya salah, tapi menurut saya b'dasarkan data yg saya dapat dr lapangan yaa seperti ni...=D

Posting Komentar