Sabtu, 23 Januari 2010

I Love Indonesia


barusan gw nonton acara She Can yg d'tayangin d'Trans 7..sebener'a ni acara ud lama d'tayangin d'TV tp karna gw tipe org yg gampang lupa jd jarang2 gw nonton'a lol

td paz iseng2 ngutak-ngatik acara dr b'bagai stasiun TV lewat remote, ga sengaja gw ngeliat da acara yg nampilin seorang penari topeng (tarian khas Indramayu, Jawa Barat) lg perform gitu..& setelah d'buka tu topeng ternyata yg menari adalah sesosok wanita muda yg gw taksir usia'a kisaran 27th-an..usia yg relatif muda utk ukuran seorang penari yg b'minat pada tarian tradisional, kenapa gw katakan seperti tu?? karna d'jaman ni, d'jaman globalisasi yg serba modern seperti saat ni biasa'a para wanita yg mengaku sbg wanita kota yg modern lagi modis, amat sangat jarang gw jumpai wanita -khusus'a remaja putri- yg b'minat ma tarian tradisional Indonesia confused..klo pun da tu jg bisa diitung pake jari & lucu'a sekolah2 negri d'jakarta (khusus'a) ud jarang yg masukin kegiatan tari tradisional sbg ekstrakurikuler d'sekolah..

flashback k'jaman baheula d'saat gw masih duduk d'bangku SD, SD gw t'letak d'daerah Cijantung,Pasar Rebo..kebetulan tu sekolah adalah sekolah Katolik yg mayoritas murid'a b'etnis Tionghoa & bule nyasar hahaha, gw inget banget waktu tu lagi booming2'a tari Ballet (tw kan Ballet?? bukan bulet/ baket palagi raket loh!! hohoho, jayus'a gw..) & banyak ortu2 yg ngaku diri'a modern mulai b'lomba2 utk ngedaftarin anak2'a k'kursus tari ballet & semacam'a..tp ortu (t'utama nyokap gw) lain, ga da sedikit niatan dalam diri nyokap gw utk ngursusin gw tari ballet yg fenomenal ntu..kebetulan waktu d'sekolah gw da pelajaran tari tradisional & yg ngajar tu nama'a Bu Ketut asal Papua (loh?? salah yaa??? hahaha..mav saya mang suka b'canda walopun garing xixixixi)

jujur aj utk pelajaran seni tari ni gw t'bilang cukup antusias, t'bukti dari cepat'a gw nyerep smw gerakan tari yg d'ajarin oleh b'Ketut ni alhasil gw dan beberapa temen gw biasa'a slalu disuruh utk maju k'depan barisan guna memimpin temen2 gw lain'a nari daerah (sombonggggg)..selain dimasukin dalam kurikulum (Mulok alias Muatan Lokal), b'Ketut juga m'jadikan seni tari sbg ekskul & nyokap gw memutuskan utk m'daftarkan gw k'ekskul tsb..walopun gw suka nari tradisiional tp gw jg sempet nolak gara2 temen2 gw banyakan pada les Ballet atw b.inggris gitu huhuhu..tp karna ni amanat nyokap akhir'a gw ikut juga tu kursus nari

alasan nyokap ngedaftarin gw k'ekskul seni tari sebener'a cukup sederhana namun b'makna besar bwt kecintaan gw akan kesenian tradisional Indonesia, nyokap gw cuma pengen ngeliat anak perempuan satu2'a ni bisa mjd wanita Indonesia seutuh'a..simpel kan?? tp besar makna'a, dari kls 3 SD-6 SD gw setia ngikutin ekskul ni & lambat laun rasa antusias gw semakin meningkat, namun sayang kesempatan gw untuk ikut serta dalam festival tarian tradisional harus pupus karna waktu tu gw sebagai siswi kls 6 SD harus persiapan bwt EBTANAS tp ya sudahlah, tanpa tu pun kecintaan gw akan budaya serta adat istiadat Indonesia ud cukup besar

seiring dgn b+'a umur gw, rasa cinta akan budaya & adat istiadat Indonesia dalam diri gw ga pernah pudar (inget: adat istiadat & budaya Indonesia loh!! bukan politik Indonesia!!!)..maka'a mata pelajaran yg gw sukain & selalu dapet nilai t'tinggi d'rapot dari SD-SMA (bahkan kuliah) tu B.Indonesia & gw ngotot k'guru BK gw (waktu penentuan jurusan saat naik kls 3 SMA) utk masukin gw k'kls IPS gara2 gw liat klo IPS tu bakal dapet mata pelajaran Antropologi yg m'pelajari ttg adat & budaya Indonesia huahahaha. Beruntung gw punya ortu yg cukup demokratis & ga menganggap bahwa IPA adalah satu2'a jurusan utk menuju kesuksesan, t'bukti gw m'dapatkan nilai 8,50 utk mata pelajaran B.Indonesia d'hasil UAN & 8,00 utk nilai Antropologi d'hasil UAS (nyombonggggg lagi hehehe) pika21

nah pas tadi ngeliat acara She Can d'TV, rasa cinta tu semakin b+ karna kesenian & budaya Indonesia tu sebener'a amat sangat indah & sangat perlu utk d'lestarikan...pokok'a salut deh stasiun TV yg udah bisa m'buat ide utk ngebuat acara macam tu (bukan maksud utk promosi loh!! karna gw jg ga d'bayar huahaha) tp gw rasa hal tsb perlu d'contoh ma stasiun2 TV lain'a dalam m'buat suatu acara yg baik utk para generasi muda Indonesia..jangan sinetron ma reality show ga penting mulu yg d'tayangin, bukan'a m'perbaiki nilai & moral anak bangsa yg da justru m'jerumuskan mereka k'sikap konsumtif & westernisasi negatif twisted

akhir kata: klo boleh mengutip kalimat yg pernah d'lontarkan oleh para generasi muda d'Jepang gw inging bilang:
"walopun pakaian gw made in luar negri, walopun gaya gw k'barat2an, walau gw sering menyanjung negara luar tp hati gw tetep Indonesia...gw amat sangat mengagumi & m'cintai budaya & adat istiadat Indonesia ^^,
@least: mari lestarikan budaya. kesenian, adat istiadat serta kuliner khas Indonesia!!!
pika21twisted

0 komentar:

Posting Komentar