Senin, 11 Oktober 2010

"Still Marry Me"==>Realitas Sosial???


Barusan gw nemu satu lagi dorama Korea yg menurut gw bagus & sarat nilai yg bisa d'petik..ga seperti dorama2 Korea lain'a yg melulu soal cinta (yaa ni jg c cm utk dorama ni da nilai +'a lah :D), judul'a Still Marry Me..gini ni sinopsis'a:

Sinopsis==> Bercerita tentang kisah cinta pasangan beda usia. Drama ini dibintangi oleh idola remaja saat ini, Kim Bum dan artis cantik korea Park Jin Hee. Cerita still marry me berkisah tentang tiga orang wanita berusia 30 tahunan yaitu Lee Shin Young, Jeong Da-jeong, Kim Bu-gi. Inti cerita tidak lepas dari tokoh utama yaitu Lee Shin Young (Park Jin Hee) yang ingin mengakhiri masa lajangnya, dia telah meraih segalanya kecuali sebuah pernikahan. Di usianya yang telah menginjak 36 tahun, Lee Shin Young bertemu dengan Ha Min-Jae (Kim Bum), seorang mahasiswa sebuah univesitas terkenal yang berbakat di bidang musik. Ha Min-Jae adalah sosok yang keren dan menarik hati setiap gadis. Lee Shin Young dan Ha Min-Jae saling jatuh hati dan kemudian mereka berkencan. Dengan adanya perbedaan usia tentu menimbulkan masalah. Terlebih lagi ibu Ha Min-Jae sangat tidak menyetujui jika sang anak berpacaran dengan wanita yang lebih tua. Cerita semakin menarik ketika ibu Ha Min-Jae jatuh hati kepada Yoon Sang Woo yang tidak lain adalah mantan tunangan Lee Shin Young. Sinopsis Still Marry Me dan cerita yang dikemas membuat drama ini wajib ditonton (promosi cerita'a gw ;p).

Kenapa gw menuliskan "Still Marry Me"==>Realitas Sosial? karena menurut gw ni lah realitas sosial yg terjadi di masyarakat dunia (b'bau gender c)...tokoh Lee Shin Young (LSH) yg d'perankan oleh Park Jin Hee m'wakili gambaran wanita dalam pandangan mayoritas masyarakat, dalam kisah ini LSH d'kisahkan sbg seorang wanita ambisius dalam menggapai cita2'a sampai2 dy d'campakkan oleh tunangan2'a (dy ud beberapa kali tunangan) hanya gara2 alasan: terlalu mementingkan pendidikan & karir...sampai akhir'a dy d'cap sbg Perawan Tua oleh teman2 sekerja maupun selingkuhan tunangan'a ckckckck

Klo qt p'hatikan kisah tsb cocok yaa ma kenyataan yg harus d'alami oleh wanita?? Mayoritas masyarakat (t'utama kaum pria) b'pendapat bahwa tugas wanita tu yaa hanya seputar dapur-sumur-kasur-pupur (dandan maksud'a), wanita tu lebih bagus klo hanya t'fokus pada urusan privat/domestik aj, wanita ga usah sekolah tinggi2 toh ujung2'a b'kutat ma panci/ulekan jg :D...belum lagi perusahaan2 kapitalis d'dunia yg secara tdk langsung turut menyumbang opresi bagi wanita, c/: d'perusahaan2 biasa'a lebih suka memecat pegawai wanita ketimbang pria karna d'anggap pria lebih survive dlm kancah produksi b'beda dgn wanita yg cpt cape, moody-an gr2 "tamu bulanan", sering cuti karena hamil&melahirkan, dll

Gw c bukan'a sok2an jd feminis (karna gw jg kurang setuju ma pemikiran feminis ala barat yg mw m'numbangkan dominasi patriarki) cm sering ngerasa Ga Adil aj ma p'lakuan masyarakat...kisah LSH m'ingatkan gw ma pengalaman gw dulu, gw adalah seorang wanita (ud jadi wanita blom yaa gw??? hehehehe) yg d'didik dalam adat Jawa yg cukup kental tapi ortu gw sangat demokratis dlm hal pendidikan (t'bukti dgn d'ijinkannya gw lanjutin kuliah :D) asal gw b'tanggung jawab ma pilihan gw tu..alhasil dr awal kuliah S1 dulu gw ud b'angan2 utk lanjutin kuliah lg suatu hari nanti (gw suka takjub ma Desy Anwar, Rieke Dyah Pitaloka, Rosiana Silalahi, Oetami Dewi dll), bukan utk prestise/sekedar legitimasi yg slama ni d'agung2kan oleh masyarakat Indonesia tapi lebih kepada p'mahaman dan p'dalaman ilmu yg mudah2an bisa gw aplikasikan k'masyarakat...dan ketika gw utarakan keinginan tsb pd "teman dekat" gw gini jawaban'a: "Jeng, mendingan kamu nikah ma dokter aja deh..Aa ga sepaham ma kamu, kamu terlalu ambisius & lebih maju ketimbang Aa"

Dan ga berapa lama kemudian kami sepakat putus, dya akhir'a nikah ma wanita "di bawah" dy baik dr segi usia, pendidikan, dll...trz pernah jg da temen FB yg ckp deket ma gw karna kami b'asal dr konsentrasi ilmu yg sama (walopun beda kampus) jd sering debat masalah masyarakat dlm perspektif sosiologi, tw2 dy bilang gini "pemikiran ajeng maju yaa..saya jd minder utk kenal ajeng lebih jauh" *???????? apa pendapat anda ttg hal ini?

Gw c ga masalah dgn p'ngunduran diri tsb karna gw mang ga cari pcr cm seneng aj da tmn debat hehehe cuma yg jd p'tanyaan gw adalah apa indikator "maju" yg d'sematkan k'gw?? apakah karna gw m'analisa masalah sosial? (tu kan mang ilmu yg gw dapet sbg mahasiswi jurusan sosiologi, jd wajar ah menurut gw) atw karna gw make teori2 sosiologi?? (wajar toh klo gw paham beberapa teori sosiologi? klo gw m'analisa kasus pake teori ekonomi baru ga wajar) atw karna keinginan gw utk lanjut kuliah???

kenapa yaa pria tu slalu "ga suka" ma wanita yg pendidikan'a lebih tinggi? pa mereka takut d'injek2 harga diri'a sbg seorang kepala keluarga?? klo menurut gw c bukan krn pendidikan maka wanita berani nginjek harga diri pria tp lebih krn penghasilan...kan blom tentu org yg pendidikan'a lebih tinggi dapetin gaji yg lebih besar dari org yg pendidikan'a d'bawah org tsb, gw lebih setuju orang yg punya "orang dalem" yg akan dapet gaji gede huehehehehe (maklum Indonesia)

Gw bukan manusia ambisius (apalagi manusia jenius,, t'bukti dr lemot'a otak gw dalam nerima materi pelajaran ;D), gw hanya seorang wanita yang melakukan sesuatu yg gw inginkan...salahkah?? yaahh...gw hanya b'harap suatu saat akan datang seorang pria yg bisa nerima gw apa ada'a & bisa jd imam yg b'tanggung jawab dunia-akhirat bwt gw :D:D:D:D:D:D



0 komentar:

Posting Komentar