Jumat, 08 Juli 2011

Happy Holiday part 2: Jember

Berhubung tgl 25 Juni kemarin ade gw terima rapor jadi acara liburan di Pontianak hanya berlangsung 4 hari (21-24 Juni)..24 Juni sore gw kembali 'berkunjung' ke bandara Supadio utk bersiap pulang ke Jakarta (sayang..di maskapai penerbangan yg gw tumpangi ga terlihat sosok si pramugara tampan yg gw temui ketika penerbangan Jakarta-Pontianak huehehehehe). Sampai Jakarta pkl 18.45 WIB, namun sampai rumah pkl 22.00 WIB akibat kemacetan yg lumrah terjadi di kota tercinta ini. Sesampainya di rumah, sengaja barang2 ga kami rapikan karena mengingat esok siang rencananya (setelah acara terima rapor) kami akan bertolak ke tempat tugas abang gw. ya Jember, itulah kota yg kali ini akan kami sambangi guna melepas rindu sama abang gw yg udah hampir 1th tugas disana.

Second Destination: Jember

Rencana berangkat siang hari dgn menggunakan armada bus setelah acara terima rapor ade ge ternyata harus pupus akibat ke-sok tahu-an keluarga gw perihal pemesanan tiket bus huahahahhaha (ortu gw meyakini kalo tiket bus ga akan pernah habis jadi ga perlu pesen tiket jauh2 hari). Tadinya rencana ke Jember udah mau batal karena selain tiket bus yg gagal didapat ternyata ada kendala lain yaitu ade gw menang kuis twitter dan hadiahnya adalah ketemu sama Rio Ferdinand (ade gw fans berat MU). Tapi berhubung ortu gw (terutama nyokap) udah kadung kangen berat ma abang gw akhirnya bagaimanapun caranya mereka mengusahakan utk tetep pergi ke Jember, jadilah kami kembali harus terbang dgn jadwal penerbangan pertama yaitu pkl 06.00 WIB (huweeeeeee..berangkat subuh lg!!! T_T). Kali ini acara liburan kami mengalami kesulitan karena ade gw bersikeras ga mau ikut ke Jember dgn alasan takut ga ketemu ma idolanya, berbagai bujuk rayu dikeluarkan oleh bokap+nyokap supaya ade gw mau ikut (gw sih males ngebujuknya, buang2 energi hahahaha). Akhirnya acara rayu-merayu pun membuahkan hasil, ade gw mau ikut walaupun sambil ngambek fufufufu. Lagi2 kami sampai bandara pkl 04.30 WIB (begitu check in, kami langsung ngebut nyari Musholah terdekat), namun kali ini jadwal penerbangan tepat waktu. Tujuan kami kali ini adalah Surabaya, hal ini dikarenakan Jember ga punya bandara jadi mau ga mu harus 'turun' di Surabaya.

Sampai bandara Juanda pkl 07.00, kami ga langsung beranjak dari sana melainkan nunggu 'jemputan' yang akan membawa kami ke Jember. Abang gw menyarankan utk naik travel biar lebih praktis dari segi tenaga & waktu (nyesel jg sih ga bisa sowan ke rmh saudara di Surabaya huhuhu). pkl 10.00 WIB kami baru berangkat menuju Jember & sampai rumah abang gw sekitar pkl 16.30 WIB (jauh yaaaaaa!!!!!!).

Jujur gw salah sangka dgn kota yg satu ini. Tadinya gw pikir Jember itu adalah kota kecil dgn fasilitas minim & banyak sawah, tapi ternyata Jember yg gw lihat berbeda 360 derajat celcius!! (suhu kaliiii). Gw lebih suka menyebutnya sebagai 'little Kemang'. Kalian tau kawasan Kemang di Jakarta? nah kayak gitu deh kondisi Jember tapi ga pake macet loh!!. Cafe ala mahasiswa banyak bertebaran di sini dan suasananya sangat kondusif utk belajar, makanannya pun murah cuma disini ga ada mall mewah & gedung bioskop aja. Tapi jangan tanya dgn harga tanah di sini yaa, harganya lebih mahal daripada di Cibubur (kayaknya yg ndeso justru daerah rumah gw deh hahahaha) /meternya Rp 1.500.000 (mahal bgt!!!!). Dan yg lebih mantap lagi adalah sekolah2+kampus2nya, bangunan sekolah di Jember (baik negeri maupun swasta) dibangun dgn sangat apik dan hebatnya rata2 sekolah negeri di Jember berstatus Standar Nasional loh! belum lagi kondisi kampus2 yg ada di sini. Ada 2 kampus yang menarik perhatian gw yaitu Universitas Muhammadiyah Jember & Universitas Negeri Jember atau disingkat UNEJ. Suasana per-kampusan disini tuh hidup bgt, terbukti dgn banyaknya baliho/spanduk2 seminar yg terpampang di depan areal kampus. Para mahasiswa/i-nya pun sangat bersahaja, bahkan gedung UNEJ hampir mirip dgn gedung UI loh! hanya bedanya di UNEJ gedung2nya ga begitu tinggi tapi luas arealnya 11 12 deh sama UI. Penataan gedung, atribut kampus, dll juga sangat apik&rapi (gw jd tertarik utk ngajar di UNEJ deh).

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan tradisional daerah tersebut. Di Jember makanan tradisionalnya adalah lalapan, karena udah biasa gw makan di rumah jadi gw ga gitu tertarik utk nyoba. Akhirnya yg gw cicipi adalah cemilan2-nya, yaitu Ketan Kedelai: Ketan kukus ditaburi bubuk kedelai manis+parutan kelapa muda & dibungkus daun pisang..utk rasa jgn tanya, rasanya hmmmmmm yummyyyyyyy bgt!! harga /bungkusnya cuma Rp. 1500 loh :D

Di malam hari ga afdol rasanya kalo ga minum wedang Corr: wedang jahe dicampur tape ketan+susu. Tempat jualannya kayak tmp jualan nasi kucing di Yogya, lesehan gitu & mayoritas penikmatnya adalah anak2 muda. Rasanya yaa kayak wedang susu jahe tapi ada sensasi rasa asam dari tape ketan aja hehehehehe, cukup untuk menghangatkan tubuh di malam hari.
Oh iya walaupun di Jember ga ada Mall mewah & bioskop seperti di Jakarta tapi Jember punya lokasi wisata pantai yg ga kalah indahnya dgn pantai2 di Bali. Watu Ulo & Papuma adalah hasil rekomendasi abang gw utk kami kunjungi dan pemandangannya wowww..ga kalah sama Tanah Lot di Bali (cuma disini ga ada pura di tengah laut aja hahahaha). Kata abang gw, pantai Papuma ini merupakan pantai sengketa antara Pemda Jember dgn salah satu pihak pengembang yg juga milik pemerintah. Jujur, antara Watu Ulo dgn Papuma kondisinya perawatannya lebih bagus Papuma. Inilah yg membuat beberapa pihak berlomba2 utk mengambil alih pantai tsb. Sekilas ttg Pantai Watu Ulo:Kearah selatan kota Jember di gugusan Samudera Indonesia terdapat pantai yang indah panorama alamnya yaitu Pantai Watu Ulo terletak ± 45 Km dari kota Jember. Untuk menuju ke Pantai watu Ulo bisa ditempuh dengan segala macam kendaraan. Disebut Watu Ulo karena di pantai itu ada sebuah batu panjang berbentuk ular (Jw. Ulo) dengan penuh sisik. Menurut cerita rakyat dikatakan bahwa pada jaman dahulu kala ada sebuah ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah terkabul permohonannya kepada Yang Maha Kuasa maka berwujudlah ia menjadi sebuah batu yang persis seekor ular dengan kepalanya menjulur ke laut, sedang badannya berada di daratan. Pada jaman pendudukan Jepang, pegunungan di sekitar Pantai Watu Ulo dijadikan benteng pertahanan dan pengintaian bala serdadu musuh yang mau menyusup daratan melalui pantai. Benteng Jepang yang berjumlah lima buah tersebut oleh masyarakat setempat disebut sebagai Goa Jepang dan merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disamping Goa Jepang, di sebelah Watu Ulo ada sebuah Goa Lawa (Goa Kelelawar) yang dihuni ratusan ribu kelelawar. Goa ini bisa dimasuki oleh pengunjung dengan menyusuri dan melewati pantai berpasir. Karena tempatnya yang sunyi dari keramaian, goa ini sering dijadikan tempat bermeditasi bagi orang-orang tertentu, apalagi mengingat goa ini mempunyai kedalaman 100 m.
DAYA TARIK
- BATU ULAR merupakan batu memanjang di pesisir pantai yang sekilas mirip ular
- PANORAMA ALAM keindahan pantai dengan gugusan karang di tengah laut yangmerupakan ciri khas Pantai Watu Ulo
- PEKAN RAYA WATU ULO diselenggarakan pada tiap 1 Syawal s/d 10 Ayawal (lebaran) yng merupakan acara tradisi dalam rangka memberikan hiburan untuk masyarakat
- LARUNG SESAJI PANTAI WATU ULO diselenggarakan pada tanggal 7 Syawal (hari Raya ketupat) dengan maksud sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki yang diberikan kepada para nelayan khususnya dan masyarakat Sumberrejo pada umumnya.

Pantai Papuma:
(abang gw numpang narsis di pantai Papuma hehehe)

Selain Pantai Watu Ulo, pantai yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pasir Putih Malikan (PAPUMA) yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo. Sepanjang Pantai Papuma terbentang pasir putih yang indah dipandang dan nyaman diinjak karena terasa empuk dan lembut. Papuma sering dijadikan tempat berjemur oleh Wisatawan Mancanegara. Disamping keindahan alamnya, Pantai Papuma juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.
Untuk lebih menambah kesempurnaan dalam menikmati panorama alam, di Papuma disediakan penginapan dan rumah makan yang menyediakan makanan Indonesia dan makanan Ikan Bakar Khas Papuma.

• LOKASI : Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan (Sebelah Barat Wisata Watu Ulo)
• JARAK TEMPUH KE LOKASI : ± 45 Km dari Kota Jember
• SUHU UDARA : rata–rata 25°C – 32°C

DAYA TARIK
- PANORAMA ALAM keindahan alam Pantai Papuma dengan perpaduan antara hutan, laut, dan gugusan pulau Dewa (Krisna, Nada, dan Bathara guru)
- PASIR PUTIH: merupakan daya tarik bagi wisatawan dan kebiasaan para wisatawan mancanegara pada musim panas adalah berjemur di pasir putih ini
- SITI HINGGIL: dari lokasi Siti Hinggil yang berada pada ketinggian 100m/dpl, wisatawan dapat menikmati keindahan laut selatan dan Pulau Nusa Barong
- GUA LAWA: mempunyai kedalaman + 30 m yang dapat dicapai pada saat air laut surut (menurut legenda, lokasi ini merupakan tempat bersemayam Putri Penguasa Laut Selatan ”Dewi Sri Wulan” dan tempat bertapa Kyai Mataram)

Sekian perjalanan gw di Jember karena dari Jember abang gw ngajakin nyebrang ke Bali (Jember-Bali cuma 5 jam pake kendaraan darat). C u @Happy Holiday part 3: Bali :D:D:D:D:D:D:D