Jumat, 30 April 2010

Ga Lulus = Salah Guru????

Mungkin postingan gw kali ini agak sedikit 'nyeleneh' t'kait masalah tingkat kelulusan siswa SMA yg ud d'umumkan tepat'a pada tgl 26 April 2010...Sebelum tu gw mw m'ucapkan selamat utk semua siswa SMA yg berhasil lulus UN (khusus'a bwt murid2 gw baik d'sekolah maupun d'tmp bimbel :D), & bwt yg ga lulus: jangan b'kecil hati, ini adalah kesuksesan kalian yg t'tunda..Masih da ujian ulang utk m'perbaiki nilai kalian ko' jd b'usahalah!!!! ^__________^

Inget!!! boleh bersedih tp jangan kelewatan/keterlaluan loh!!!!

Kenapa gw himbau spt itu? karna b'dasarkan data yg gw dapet dr media cetak maupun elektronik, tingkat kelulusan UN SMA th 2010 turun sebanyak 4%..rata2 siswa tdk lulus d'matpel matematika (IPS & IPA) & Sosiologi (IPS)...SOSIOLOGI????? ampun deh tu kan matpel yg menjadi tanggung jawab gw utk m'jelaskan materi d'sekolah yg gw ajar ckckckck. Kembali k'alasan kenapa gw m'himbau para siswa yg "tertunda" ni utk tdk kelewatan dlm m'ekspresikan kesedihan'a pasca pengumuman UN, hal ni d'sebabkan dari sering'a para remaja tanggung ni melakukan hal "gila" seperti: bunuh diri dgn cara gantung diri, minum racun, dll (2 hal tsb yg m'jadi primadona cara remaja ni m'akhiri hidupnya)....

Fenomena ni menimbulkan banyak prejudice d'kalangan masyarakat t'utama para orang tua yg anak'a mjd "korban" UN maupun yg akan mjd "korban" d'taun berikut'a (t'masuk nyokap gw sendiri), & yg d'salahkan atw d'kambinghitamkan atas peristiwa ni tidak lain dan tidak bukan adalah GURU

kemarin pagi gw sempet nonton acara talkshow berita yg d'siarkan oleh salah satu stasiun TV swasta, dlm acara tsb mereka m'perbincangkan mengenai kasus ini..& tokoh yg d'undang adalah Kak Seto, Wakil Mentri Pendidikan, Guru BK salah satu SMA d'Jakarta serta 2 org siswa p'wakilan...lalu pada sesi tanya jawab dgn penelpon, ada seorg penelpon yg b'asal dr Kalimantan yg dgn m'gebu2 m'protes atw lebih tepat'a menJUDGE guru sbg biang keladi atas ketidaklulusan siswa d'Indonesia....what????????

jujur aja, sebener'a gw agak "panas" saat m'dengar keluhan c penelpon tsb, gw akuin guru jg menjadi salah satu kandidat (halah...istilah'a keren bgt yaa hahaha) penyebab terjadi'a kasus ni tp -perlu d'garis bawahi- bukan satu2'a atw tersangka tunggal yg menyebabkan ketidaklulusan siswa!!

gw bisa b'asumsi kyk gini jg karna gw sebagai guru ngerasain gimana berat'a tanggung jawab yg d'pikul oleh seorang guru. Yang orang2 tw pasti profesi guru tu adalah profesi t'santai & paling enak (gw akuin iya) dan gaji guru -t'utama d'Jakarta- sangat besar (gw akuin iya juga) tp -perlu ditekankan lagi- klo guru tsb ud d'angkat menjadi PNS...Asal kalian tw, gaji guru honorer (dimana-mana klo mw jd guru PNS tu harus ngerasain dulu yg nama'a jd guru honorer) tu d'bawah UMR. Awal gw jadi guru, gaji gw hanya kisaran beberapa ratus ribu aja (d'bawah 1juta pasti'a), bahkan temen gw yg jd guru matematika d'salah satu SMK negri d'jakarta hanya d'gaji Rp.500.000!!! Bayangin deh,,kami cuap2 selama 8 jam/hari + bikin soal2 + b'ijazah S1 + mikul tanggung jawab yg amat sangat besar hanya d'gaji kisaran 500-1jt!!! itupun masih d'potong klo da hari libur krn guru honorer tu d'gaji dgn itungan /jam.. klo ngajar d'swasta atw SMAN b'predikat SSN (Standar Nasional)atw SSI (Standar Internasional) masih mending krn gaji mereka bisa kisaran 1jt-2jt (utk honorer)

Secara logika, gaji tsb amat sangat tidak m'cukupi kebutuhan hidup maka'a jaman sekarang jarang da orang yg mw jadi guru bahkan mahasiswa yg ngambil jurusan pendidikan pun jarang yg mw jd guru setelah lulus walopun mereka b'gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan)...sebagai cth: dr 70 org mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2005 (pendek kata: temen2 kelas gw) hanya sekitar 10 org (termasuk gw) yg bener2 m'dedikasikan diri mjd seorang pahlawan tanpa tanda jasa...60 org lain'a nyebar k'Bank2 maupun perusahaan2.

Gw suka kesel klo da org yg ngegampangin profesi guru bahkan dgn kejam & seenak udel'a m'klaim bahwa guru mjd dalang atw tersangka tunggal penyebab ketidaklulusan siswa, padahal orang tua & lingkungan p'gaulan siswa jg turut menjadi penyebab'a. Gw sering bgt ngalamin yg nama'a "sikap acuh tak acuh orang tua siswa terhadap masalah siswa d'sekolah", sbg cth: sekolah punya peraturan apabila c anak tidak hadir dlm KBM (kegiatan belajar mengajar) d'sekolah lebih dr 5hari b'turut2 tanpa keterangan yg jelas maka ortu siswa yg b'sangkutan akan d'panggil oleh wali kelas; begitu pun klo c anak k'gep mainan HP/nyontek/melakukan tindakan penyimpangan thdp peraturan & etika sekolah maka ortu jg akan d'panggil...Tp apa respon ortu??? 60% ortu siswa yg 'bermasalah' respek thdp panggilan sekolah namun 40% lain'a amat sangat cuek meskipun ud d'telpon ma walikelas'a langsung..pernah da salah seorang wali kelas d'sekolah tmp gw ngajar yg mpe ngemis2 k'ortu biar rapor c anak d'ambil!!!!

Kadang gw suka Su'udzon ma tipe ortu spt ni, gw suka mikir apa jgn2 tu anak bukan anak kandung'a yaa mpe segitu cuek'a ortu trhdp masalah anak'a, mereka b'lindung d'balik alasan "sibuk kerja" dlm menyikapi panggilan ni..jujur aja, gw kesel bgt ma pemikiran ortu yg b'pandangan bahwa "gw udah bayar mahal d'sekolah ni jadi gw ga mw tw!! anak gw musti pinter apapun cara'a" heuh..pengen bgt gw teriak "jgn cuma mw bikinnya doank donk!!! giliran ngerawat anak smw d'serahin k'pihak sekolah..mang guru tu baby sitter pa???"...padahal peran antara guru-orang tua-pihak sekolah dalam bekerja sama sangat penting bagi p'kembangan potensi akademik siswa, salah satu aja komponen vital tsb ilang (cuek) maka mustahil bagi c anak utk berkembang dlm hal akademis. Guru adalah orang tua kedua bagi siswa saat d'sekolah & tanggung jawab dlm m'bimbing& menjaga siswa saat d'sekolah yaa d'pegang oleh guru tp saat c anak pulang k'rumah maka tanggung tsb b'pindah k'ortu atw wali c siswa -begituloh ibu2 dan bapak2 sekalian-

Maka'a saya mohonnnnn sekali, jgn dengan kejam menyalahkan guru ketika anak anda tidak lulus tp coba introspeksi diri...memang ada sebagian oknum guru yg tdk m'jalankan tanggung jawab'a secara maksimal dalam m'didik siswa namun sebagian besar lain'a kan menjalankan tanggung jawab tu..iya ga? hehehe, saat ada salah satu siswa yg tidak lulus atw mendapat nilai jelek pasti'a org yg jg merasakan kesedihan adalah guru karna kami sebagai guru memiliki nilai yg d'sebut nilai m'darah daging dimana guru turut b'empati terhadap masalah yg d'alami siswa'a (gw jg ngalamin hal tsb ko' setiap murid gw ngalamin masalah)

menurut gw, solusi t'baik dalam m'hadapi masalah "taunan" ni adalah terjalin'a kerja sama serta komunikasi scr timbal balik antara guru & ortu siswa...guru memotivasi siswa saat d'sekolah sedangkan ortu memotivasi siswa saat d'rumah,, Insya Allah kegagalan UN dapat d'minimalisir

@least: utk murid2 yg akan m'hadapi UN, kunci'a cuma 1 yaitu jgn gugup & takut dalam m'hadapi UN...kalian udah belajar selama 6 th (utk SD), 3 th (utk SMP & SMA) jadi ga usah takut gagal apalagi klo kalian ud belajar dgn tekun karna rasa takut tu akan m'pengaruhi hasil akhir ujian kalian loh!! klo awal'a d'mulai dgn rasa PD atw sesuatu yg baik maka hasil'a pasti akan baik, percaya deh...so takut UN?? NO WAY!!! :D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D

0 komentar:

Posting Komentar