Minggu, 28 Februari 2010

Ngafe: Mencari Kenyamanan or Sekedar Prestise Semata?

akhir'a gw ngerasain juga pa yg orang sebut dengan istilah 'ngafe' alias m'habiskan waktu d'cafe..hal yang lumrah klo qt liat d'jaman globalisasi & modern ni karna cafe2 udah banyak m'jamur, mulai dari cafe pinggir jalan yg relatif murah & dgn m'gunakan nama2 yg 'nyeleneh' sampai cafe high class yg menyajikan kenyamanan & dgn kisaran harga yg cukup tinggi tentu'a.

baru-baru ni gw dan teman gw nyoba utk b'santai sejenak d'salah satu cafe kopi yg cukup merogoh kocek, alasan utama kami ngafe di tmp tsb c cuma utk m'dapatkan fasilitas hotspot karna temen gw mw ngerjain tugas..umum'a, cafe highclass pasti menyediakan fasilitas tsb :D. Dgn modal beberapa puluh ribu rupiah (kurs 10ribuan aja c sebener'a d'dompet xixixi) gw ma temen gw memesan ice coffee yang harga'a paling murah (tetep aj harga paling murah'a tu 15rb & blom t'masuk pajak!!) paz pesenan dateng, gw ma temen gw agak shock karna yg kami pesen cuma 2 gelas ice coffee tp kenapa yg d'sajikan malah 2 ice coffee+1 gelas sirup gula+2 buah donat? kami agak2 panik cz takut uang'a ga cukup wuehehehehehe ;D..tp ternyata donat tsb free alias tambahan gratis karna donat tsb d'maksudkan sebagai cemilan p'damping utk minum kopi (ni adalah salah satu fasilitas yg d'sediakan oleh pihak cafe tsb kpd customer & gw m'kategorikannya sebagai point plus utk mereka)

gw jadi inget k'salah satu karya tulis temen kuliah gw yg m'ambil tema ttg "Ngafe sebagai bentuk tindakan sosial masyarakat Indonesia", d'penelitianny tsb d'ceritakan secara rinci sejarah berdiri sampai awal mula cafe tsb maju...inti'a masyarakat Amerika (tmp b'dirinya cafe yg mjd bahan penelitian temen gw ni) menikmati kegiatan 'ngafe' mereka karna pelayanan yg d'berikan oleh cafe tsb kpd para customer, kenyamanan & fasilitas yg d'berikan (walau hanya m'beli secangkir kopi) memberikan fenomena ketagihan d'dalam diri pelanggan..bayangkan saja!! hanya dgn kluar uang 15ribu rupiah gw ud m'dapatkan segelas kopi kental+1 buah donat crunchy serta fasilitas hotspot & waktu yg tak d'batasi oleh pihak cafe utk kita b'santai selama apapun (t'gantung dr tingkat malu masing2 hahaha)...tp tetep aj gw ngerasa bahwa cafe adalah salah satu bentuk bisnis kaum kapitalis

bagi gw (yg termasuk tipe manusia dgn kantong pas2an & sangat penuh p'hitungan :D), ngafe adalah salah satu bentuk mencari kenyamanan semata; alasan'a: karna ya tu tadi, dgn uang sekian kita bisa dapetin kenyamanan sesaat yg cukup b'manfaat hahaha...tp utk mayoritas org Indonesia, gw yakin 'ngafe' adalah salah satu cara mereka utk m'ningkatkan prestise. Kenapa??? dari hasil penelitian temen gw serta analisa gw saat merhatiin org2 yg hilir mudik k'cafe tsb mengarah pada kecenderungan utk m'dapatkan gengsi semata (yah 35% utk m'dapatkan kenyamanan tentu'a)..t'bukti dari tingkah laku yg mereka tunjukkan: pesen cuma segelas kopi tp sengaja ngrumpi ga penting atw sok sibuk memainkan BB mereka masing2 (klo gw ma temen gw c ketauan karna utk dapetin fasilitas hotspot'a doank bwt ngerjain tugas, klo bkn krna alasan tu jg ga bakalan kami ngafe hehehe)

yah...papun faktor p'dorong yg melatarbelakangi mereka utk ngafe, inti'a ga da yg salah krn prestise mang d'butuhkan (utk sebagian org) oleh kaum jetset atw generasi muda saat ni, namun satu hal yg gw harap kita sebagai generasi muda Indonesia lakukan, yaitu: jgn m'adopsi seluruh westernisasi utk m'gantikan kebudayaan asli negara kita klo kita masih pengen negara ini tetep eksis d'peta dunia fufufufufufufu....

okz deh, sekian dulu curhatan gw kali ni..ud nguantux bgt ni hoahmmmmmm
nites diary
zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

2 komentar:

wahid_vs_kebo mengatakan...

pm donk kafenya??
lumayan donat gratis... :D

ajeng mengatakan...

pm paan c cel?? hehehe (gw ga tw istilah2 prokem cel)

nah maka'a tu cel, gw kasih point plus karna dikasih donat gratis + fasilitas yg b'manfaat (bwt gw saat tu hihihihi) + kenyamanan
yah..klo ga karna kepepet jg gw sayang cel kluar duit cm buat nongkrong d'cafe sambil minum kopi (mana pait bgt tu kopi, gw mpe minta tambahan sirup gula lagi cel -maklum biasa minum kopi 1rban-wuehehehe

Posting Komentar