Jumat, 30 Desember 2011

Rendang :,Makanan Terlezat Di Dunia!!!!


Woowwwwww..surprise banget saat nonton acara Selera Asal di salah satu stasiun televisi swasta yg sedang meliput kuliner khas Minang 'Rendang Baluik' (baca: Rendang Belut) dimana sang narator mengatakan bahwa berdasarkan polling yang diadakan oleh CNN menyatakan bahwa Rendang Padang menduduki peringkat no 1 daftar makanan terlezat di dunia, yang disusul oleh nasi goreng di urutan ke-2 dan sate di urutan 14!!!!

Dikejar rasa penasaran akhirnya gw coba searching di internet mengenai hal ini dan bener aja ternyata salah satu kuliner khas Indonesia berhasil menduduki posisi juara. Yahh walaupun qt masih tetep ketinggalan dari Thailand yang 4 kulinernya masuk dalam jajaran 10 makanan terlezat di dunia, tapi qt boleh berbangga hati karna Rendang dan Nasi Goreng menjadi primadona dunia (ngalahin sushi euy!!)..

Ternyata dibalik bombardirisasi makanan luar yang akhir2 ini marak banget membanjiri pangsa pasar kuliner Indonesia, kuliner Indonesia justru jadi primadona di luar negri sana. Gw sempet miris ketika ngeliat banyak banget resto Sushi (dari berbagai merk dan harga) menjamur di wilayah Depok dan selalu dipenuhi oleh pelanggan yang notabene adl para remaja tanggung korban modernisasi :(

Hmmmm...kontras banget yaa jika dibandingkan dgn prestasi kuliner qt di kancah internasional? btw, gw punya pesen bwt para remaja tanggung korban modernisasi yg doyan bgt makan sushi atw makanan dr luar "tw ga sih? makanan yg kalian agung2kan dan selalu kalian bela2in ngantri tu urutannya jauh dibawah rendang loh!! udah gitu harganya mahal lagi ckckckck..mendingan jg nongkrong di warung padang yg udah diakui dunia perihal rasa hohohohohohohoho :D:D:D"

Oke deh..sekali lagi gw ucapkan selamat utk Indonesia dan provinsi Sumatera Barat yg udah berhasil menjadi jawara di kancah internasional bidang kuliner, mari tingkatkan promosi kuliner asli Indonesia di mata dunia!! gw jamin masing2 makanan dari 33 provinsi di Indonesia akan masuk dalam jajaran makanan terlezat di dunia :D..
*kebetulan nyokap lg masak rendang hohoho

Indonesia, FIGHTING!!!!!!!!!!!

3 komentar:

sarunghyena2 mengatakan...

gw setuju jeng, seharusnya rendang dapat lebih dikomersilkan dengan sedikit menggeser imagenya yang mungkin agak terlalu eksklusif, dalam artian biasanya rendang hanya dapat kita temukan pada restoran padang, nah bagaimana pola penyajian rendang tersebut bisa diubah sesuai dengan pangsa pasar konsumennya yaitu remaja, misalkan bumbu rendang yang kaya dengan rempah-rempah dipadukan dengan kentang rebus yang ditumbuk ditambah potongan wortel, buncis, mmm...mmm pasti enak jeng, lo bisa coba dirumah, oya makannya jangan pake pisau garpu, tapi pake tangan, mantaf jeng. oya di lain sisi rendang juga dapat dijadikan makanan nasional, artinya tidak harus suku tertentu yang memiliki resep rahasia membuat rendang terlezat, suku-suku lain misalkan jawa juga dapat mempopulerkan rendang dengan menyesuaikan selera masyarakatnya, nah tinggal di taruh deh di warteg-warteg ato rumah makan jawa, gw yakin popularitas rendang pasti bertambah, yah sekedar usulan saja, bukan berarti kita menjadi fanatik terhadap suatu jenis makanan tertentu, gw yakin selain rendang ato nasi goreng, bakso juga bisa menjadi terkenal berkat pidato obama di UI, apalagi sudah banyak modifikasi bakso yang dapat dinikmati oleh lidah foreigner di negeri kita, Maju terus negeriku, kaya jenis Pangannya

sarunghyena2 mengatakan...

kasus ini bisa dibahas menurut sosiologi kuliner, ato sosiologi ekonomi enggak? kayaknya menarik ini

ajeng mengatakan...

wah..komentar anda sungguh sangat nasionalis saudaraku!! menarik!! :D

klo gw liat dr sisi konsumen, rasa2nya popularitas rendang di Indonesia ga perlu diragukan lagi, dari anak2 sampai manula dari sabang sampai merauke pasti tau rendang dan mayoritas masyarakat Indonesia suka dgn cita rasa daging berbumbu ini jadi gw rasa tanpa modifikasi pun rendang tetap jadi primadona di negri kita..yg perlu dikhawatirkan adalah makanan olahan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu+tempe. Mungkin karna harganya yg relatif murah (taulah trend masa kini, harga menentukan prestise..rendang masih masuk itungan makanan berharga ckp mahal krn terbuat dr daging sapi) jadi popularitasnya menurun, beruntung akhir2 ini sudah banyak orang2 dgn ide kreatif mengkreasikan tahu+tempe mjd panganan lezat dan populer dikalangan anak muda masa kini, seperti: GEHU (tahu goreng isi bercita rasa pedas), cireng isi, steak tempe, sate tempe, dsb..

kasus ini bisa dianalisis lewat sisi sosiologi ekonomi tapi klo sosiologi kuliner kyk'a ga bisa deh karna gw blm denger ada yg namanya SOSIOLOGI KULINER hans hehehe..ini akan lebih menarik klo qt telisik dari sisi sosiologi budaya hans, karna makanan tradisional merupakan salah satu identitas suatu bangsa :D:D:D

Posting Komentar