Minggu, 30 Oktober 2011

A Lifelike Mannequin Mummy "Pasikala"


Baru saja saya melihat saluran acara di tv kabel yang menayangkan tentang keindahan kota Meksiko, diantara semua keindahan yang disuguhkan tersebut ada satu "keindahan" yang membuat saya tertarik sekaligus membuat merinding..Kenapa? Karena di situ diperlihatkan sebuah toko gaun pengantin di Meksiko yang menampillkan mannequin pengantin wanita cantik yang ternyata adalah mumi!!

Ya, ketika pertama kali melihat mannequin ini saya hanya merasa "wah..cantik banget, persis wanita sungguhan" tapi tidak terbersit sedikit pun bahwa mannequin itu adalah mumi -yg notabene adalah mayat asli yg diawetkan- ckckck..Mannequin tersebut lazim disebut "Pasikala" oleh masyarakat sekitar.

Toko gaun pengantin tersebut terletak di kota Chihuahua, sebelah utara Meksiko City. Di toko tersebut berdiri sebuah (agak bingung menempatkan kata "sebuah" atau "seorang") manekin mumi pengantin wanita, dengan mata berbinar manekin itu menyunggingkan senyum manis yang membuat banyak para wanita Meksiko berlomba untuk membeli gaun pengantin di toko tersebut. Selama beberapa dekade, manekin ini telah banyak menarik perhatian para wisatawan barat untuk berkunjung dan menikmati kecantikan salah satu mumi tercantik di dunia ini.

Mumi pengantin wanita ini biasa disebut "Pasikala", entah apakah memang Pasikala itu nama dari manekin ini sewaktu hidup ataukah hanya sebuah nickname yang memiliki arti khusus. Saya coba mencari via internet tapi memang agak susah mencari literatur mengenai manekin mumi ini. Pasikala memiliki bentuk tubuh yang sangat ramping, tinggi dan putih (khas wanita kaukasoid) serta dianugerahi wajah yang rupawan. Ada sebagian masyarakat Meksiko yang mengatakan jika manekin mumi ini sewaktu hidup merupakan seorang model (entah benar atau tidak).

Kisah hidup manekin mumi ini terbilang tragis karena menurut cerita wanita ini tewas bunuh diri dengan cara terjun ke laut akibat rencana pernikahannya dengan pria yang ia cintai tidak direstui oleh orang tua. Sehingga di hari naas tersebut, ia nekat terjun bebas ke laut dengan menggunakan gaun pengantin lengkap dengan riasannya. Hal ini tentunya menimbulkan empati dari masyarakat sekitar dan akhirnya memutuskan untuk mengawetkan mayat tersebut dan memakaikannya gaun pengantin agar arwahnya tenang (karena hingga akhir hayatnya, Pasikala ini tidak pernah kesampaian memakai gaun pengantinnya menuju altar). Tidak disangka ternyata mumi ini menarik minat banyak orang dan akhirnya diputuskan mumi ini dijadikan manekin sebuah toko gaun pengantin.

Namun, ada versi lain yang menyebutkan bahwa sebenarnya Pasikala ini adalah putri pemilik toko gaun pengantin yang dibunuh oleh ibunya sendiri (tidak diketahui apa motif dari pembunuhannya) dan dijadikan manekin di toko gaun pengantin keluarganya sendiri setelah di-mumi. Kejadian ini terjadi sekitar tahun 1930-an.

Tidak tahu mana yang benar dari kisah Pasikala ini, tapi yang pasti masyarakat sekitar percaya bahwa Pasikala adalah seorang wanita cantik yang bunuh diri akibat kisah cintanya tidak direstui oleh orang tua. Maka dari itu "Pasikala" dijadikan model gaun pengantin agar ia bisa menarik minat para gadis muda (yang melihatnya) untuk melakukan keinginan terbesarnya, yaitu Menikah dengan pria yang dicintai. *so sweet banget ya pesan moralnya hehehe :D

Tapi entah kenapa saya masih belum bisa percaya kalau manekin ini adalah mumi loh! memang sih urat nadinya terlihat jelas dari pergelangan tangannya, namun masa iya ada mumi yang masih "mulus" tanpa cacat setelah berusia 80th? hmmm..yang pasti Pasikala ini benar2 cantik dan....menyeramkan hehehe





4 komentar:

Anonim mengatakan...

jangankan 80 th, mumi-mumi yang terletak di piramida mesir atau sebuah ruang rahasia di bawah gereja yang berisi jutaan mumi dari bayi hingga kakek-nenek yang tersimpan selama puluhan tahun masih tetap awet,tidak tergantung dari bahan pembuat muminya, cari aja di mbah google mengenai bahan pembuat mumi, oya membuat mayat jadi mumi melanggar hukum agama tidak ya?

ada juga di blog yang bercerita mengenai seorang pria yang menikahi manequin atau seorang pria yang memumikan istrinya dan dijadikan pajangan di bawah meja tamu

ajeng mengatakan...

iya sih tp entah knp gw msh belum percaya klo si pasikala ini mumi beneran soal'a ga ada cacat sedikit pun..setw gw mumi itu kan dibuat dgn menghilangkan organ dalam'a kn? nah lucunya si pasikala ini masih punya urat nadi, dll..aneh kan??? udah gt wajah+tubuhnya ini lebih mirip patung ketimbang mumi..Wallahualam deh :D

Anonim mengatakan...

setahu gw waktu temen ngejelasin bahwa fakultas kedokteran trisaksti punya "koleksi" mayat yang dibalsem (diawetkan), dari situ mahasiswanya bisa belajar mengenai otot, kelenjar dan peredaran darah, fungsi organ tubuh dan aliran nadi. jadi menurut gw enggak heran bahwa manusia dijadikan mumi dan dipajang padahal usianya sudah puluhan, ratusan atau ribuan tahun tergantung bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat mumi tersebut.

kalau dilihat dari temanya tentang cinta kasih dibahas dengan teori sosiologi cinta kira-kira nyambung enggak ya?

ajeng mengatakan...

wkwkwkwkwk..u yg jd tokoh'a yaa hans??? xixixixi

klo pake teori tindakan sosial'a weber menarik tu hans walopun jadi'a cm memaknai doank hahahaha..yg pasti klo dlm teori sosiologi, ni cw pasti lg ngalamin yg nama'a "kesadaran palsu" krn demi seorang laki2 dy rela bunuh diri padahal tu co ga bunuh diri tuh gara2 dilarang nikah ma "pasikala" ckckckckck..

*ngutip kata2'a Biksu Tong: begitulah cinta deritanya tiada pernah berakhir :D:D:D:D:D:D:D

Posting Komentar