Rabu, 07 September 2011

Back to Nature: Ragunan


Wuiihhhh...rasa pegal+linu di kaki gara2 acara jalan2 kemarin masih terasa, tapi walopun pegal hati gw bahagia mengingat unforgettable moment kemarin huehehehehe

Yupz, kemarin gw memutuskan utk ikut jalan2 bareng 2 sobat gw sejak kuliah dulu (dwi+uni)..sebenarnya sih acara kemarin lebih kepada bantuin temen gw yg merupakan guru SD untuk 'jagain' murid2nya study tour ke Ragunan hahahahaha. Acara kemarin menjadi acara yg tidak akan terlupakan karna ini pertama kalinya gw ngedampingin anak SD study tour+pertama kalinya pula gw ke Ragunan ckckckckck *padahal gw tinggal di Jakarta tp gw ga pernah menginjakkan kaki ke ragunan selama ini huahahahahaha :D..Klo urusan dampingin murid study tour sih sebenernya gw udah pernah ngalamin lg jamannya ngedampingin murid2 gw, tp masalahnya murid2 gw itu siswa SMA jadi bisa dikatakan ga terlalu susah jagainnya karna mereka terbilang cukup dewasa (walopun gw ttp ekstra ketat ngawasinnya supaya ga kebablasan 'bergaul' diantara mereka)

2hari sebelumnya gw sempet jalan ma sobat gw (dwi) dan tiba2 aj dy minta gw utk ikut serta ngedampingin murid2nya study tour ke Ragunan, awalnya gw ragu karna tanggung jawabnya cukup besar (ngawasin anak SD booo!!!!) salah2 bisa dituntut gw ma ortunya (ortu murid jaman sekarang tu lebih kejam daripada ibu mertua hahahahaha *lebay :D)..Tapi setelah gw pikir2 akhirnya gw putuskan utk ikut (itung2 jalan2 gratis ke ragunan+bantuin temen hehehehe)..Awalnya gw cukup canggung ketika pertama kali ketemu sama mereka tp lama kelamaan hubungan kami mulai cair, bahkan ketika gw ketinggalan bus gara2 sibuk nyari kamera, para murid cukup merasa kehilangan sosok gw huehehehe *PD abis gw xixixixi...

Di ragunan, kami (gw jd guru cabutan hahaha) asik melihat sekumpulan satwa2 liar yg saat ini berstatus langka/rentan sekaligus memperkenalkan mereka pada hewan2 asli daratan Indonesia bagian Barat-Tengah-Timur (di pelajaran IPS SD ada materi ttg penyebaran hewan di Indonesia). Gw akui klo metode ini jauh lebih efektif ketimbang hanya menjelaskan materi di dalam kelas. Murid2 bisa langsung merespon & antusias dgn penjelasan yg gw berikan (ada sensasi yg berbeda ketika gw ngajar mereka karna gw biasanya menghadapi anak SMA/mahasiswa). Tapi memang benar yaa anggapan yg mengatakan bahwa anak kecil tu lebih kritis ketimbang orang dewasa, buktinya -ada kejadian lucu- ketika kami berada di museum primata,tepat di kandang Gorila ada tulisan "mohon jangan mengganggu gorila yg sedang sensitif!!" lalu seorang murid (namanya Teddy, ni anak paling 'bandel' tp lucu & pinter trs punya hobi nyanyi dangdut pula hahaha) yg ngajuin pertanyaan gini "Bu, artinya sensitif apa sih? kok kita ga boleh ganggu gorila sensitif?" trs temen gw jawab "sensitif itu artinya lagi galak nak" dan kemudian Teddy bergumam "ooo..bearti gigi sensitif tuh giginya lg galak", spontan aja gw ketawa ngakak pas denger pernyataan tu anak wkwkwkwkwkwkwwkwk (sampai sekarang gw masih suka ketawa geli klo inget pernyataan si Teddy)

Jagain anak-anak juga ternyata membutuhkan tenaga ekstra, padahal mereka sering ngeluh capek tp tetep aja lincahnya ga ketulungan..gw jd ngebayangin klo gw punya anak gmn yaa? padahal umur gw baru 24th tapi gw udah ngos-ngosan ngejar2 mereka -_-"..ada yg lari2an, ada yg sibuk menjelajah bahkan ada yg manjat pohon gara2 mw ngikutin tingkah pola hewan primata ampuuuunnnn deh T_T..belum lagi sempat terjadi konflik kecil diantara mereka akibat penentuan kandang hewan apalagi yg akan dikunjungi, ada yg mw ke jerapah, ada yg minta ke kuda nil, ada yg teriak2 mw liat gajah akhirnya gw ajak aja mereka ke kandang singa Afrika huahahahahaha

Tapi namanya anak kecil, jauh2 ke ragunan tetep aja yg diincar mereka adalah mainan yg banyak dijual disana..udah gitu tingkahnya sok tua bgt lagi pake acara nawar menawar wkwkwwkwk, lucu bgt ngeliatin tingkah mereka :D. Apalagi pas qt ngelewati Pondok Hantu yg ada di areal Ragunan, di depan bangunan itu ada sosok 'hantu' yg sengaja dipajang oleh pihak penyelenggara utk acara foto2 dgn wisatawan..terus ada murid yg nanya ke gw dgn pertanyaan anehnya "bu, klo diliat dari ciri2nya hantu itu termasuk jenis apa?" sumpah gw bingung jawabnya karna selain gw ga tw jenis2 per-hantuan, gw jg masih bersikukuh klo hantu itu bukan seperti buah2an yg memiliki ordo tertentu sehingga bisa diklasifikasikan dalam keluarga tertentu maupun jenis tertentu hahahaha *maklum dulu waktu sekolah ga dapet mata pelajaran 'dunia perhantuan' :D

Ga terasa jam udah menunjukkan pukul 16.00, waktu study tour udah melampaui batas perjanjian dgn ortu murid makanya kami putuskan utk segera pulang walopun ada beberapa anak yg masih merengek karna belum sempat ngunjungin kandang jerapah (curiga gw ma ni anak, ada apakah diantara anak tsb dgn jerapah?? xixixixi). Akibat macetnya lalu lintas kota Jakarta menyebabkan kami tiba di sekolahan pukul 18.30 dan gw baru nyampe rumah sekitar pukul 20.10 weleh weleh. Pas bangun pagi gw ngerasa badan gw kayak dipelintir, sakit bgt huhuhuhu tapi klo inget cerianya anak2 itu hati gw jadi menghangat kembali & tanpa sadar senyum pun tersungging dari bibir gw :)

Hmmmm..semoga ada kesempatan lagi utk ngedampingin mereka study tour (walopun sport jantung selama perjalanan hahaha) :D:D:D

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkwkkkkk, ke Ragunan mau lihat Hamster :)

ajeng mengatakan...

ga ada, ada'a marmut

Anonim mengatakan...

bagaimana kl anak2nya ngomong begini?
....ibu Ajeng lg sensitif!!

Posting Komentar