Minggu, 05 Juni 2011

Kisah di Penghujung Semester



Ga terasa gw udah b'ada d'penghujung semester 2 p'kuliahan pascasarjana sosiologi, itu arti'a detik2 m'jelang kelulusan tinggal sebentar lagi (amin) :D..

Memori gw seolah flashback k'masa2 puyeng'a waktu ngejalanin serangkaian tes masuk universitas => b'bunga2 ketika d'nyatakan lulus => ngantri'a saat registrasi mahasiswa baru => ketat'a p'saingan antar mahasiswa pascasosio 2010 => ngejelimet'a (bahasa apaan tu?? hehehe..btw gw agak susah m'istilahkan betapa lelah'a otak gw) ni otak saat m'proses teori2 sosiologi dari jaman klasik-posmodern (keimanan gw d'uji bgt krn teori2 posmo sangat ateis xixixi) => ribet'a ketika nentuin tema & judul Reading Course => sampe merasakan kompak & solid'a para mahasiswa ini hahaha..

Semua kenangan itu terangkum dalam memori indah di dalam diri masing2 mahasiswa angkatan gw, entah sejak kapan ikatan batin diantara kami mulai t'bentuk dgn sangat kuat (sampe mw UTS/UAS aj pake bentuk kelompok diskusi dulu hahahaha)..Ga ada d'antara kami yg b'niat utk saling m'jatuhkan satu sama lain ketika presentasi kelompok/individu (beda bgt ma saat gw kuliah S1 dulu ckckckck), smw p'saingan d'jalani scr fair..dan hebat'a masing2 mahasiswa punya keunggulan d'mata kuliah yg b'beda (ada yg jago tesos, jago filsafat, jago gender, dll) :D

Smw "pemandangan" ini ga gw sangka sebelum'a..mungkin krn gw t'biasa dgn suasana kelas yg saling "menjatuhkan" dgn m'gunakan hukum rimba hehehe jd saat awal p'kuliahan gw kira suasana'a jg sama seperti saat gw kuliah dulu...tp ternyata kenyataan'a justru b'beda 360 derajat!!! kami saling bantu-m'bantu dlm b'bagai hal (bahkan dgn kls doktoral jg xixixi). Angkatan gw (khusus utk program magister) hanya terdiri dari 20 org (7 perempuan, 13 laki2), kami b'asal dr suku/agama/profesi yg b'beda. Ada yg dosen, aktivis, anggota PBNU, anggota HMI, PNS, anggota ICW, Pastur bahkan pengacara alias pengangguran banyak acara spt gw wkwkwkwkwkwk (ga deng..gini2 jg gw kerja hehehe). Di kelas gw, rasa toleransi sangat tinggi sehingga ga ada d'antara kami yg b'sikap fundamentalis sekalipun ia seorang pemuka agama atwpun aktivis organisasi agama. Emang bener yaa kata dosen gw yg m'atakan bahwa org yg lama belajar sosiologi mustahil akan menjadi seorg yg fundamentalis, sebalik'a ia akan menjadi org yg sangat toleran (bangga coy..!!! :D:D:D)

Dan smw ini akan b'akhir tepat ketika semester ini selesai, saat perpustakaan t'besar seasia kelar dibangun!!..krn d'semester 3 qt ud mulai p'siapan Reading Course dgn pembimbing masing2 (ga belajar d'kelas) & d'lanjutkan dgn penelitian lapangan utk menyusun Tesis...semester 4 d'harapkan kami smw udah bisa sidang & akhir'a kami akan d'pertemukan lagi saat wisuda (huweeeeeeeeeeeeee)..

Hufffttt..sedih bgt klo inget hal itu, maka'a kami lagi sibuk2'a nyiapin suatu acara yg unforgettable alias tak t'lupakan hihihihi..hmmm kira2 mereka akan m'lupakan gw ga yaa?? secara d'antara mahasiswa yg lain cm gw yg agak jarang kumpul krn jdwl kerjaan yg mepet bgt ;p (sok sibuk bgt c gw!!). Tapi walopun begitu, gw sangat merasakan perhatian dr temen2 ke gw..terbukti ketika gw ijin kuliah krn harus ikut pelatihan metodologi feminis selama 4 hari, banyak email & pesan FB yg nanyain kabar gw hehehe

Thanks a lot my friends..gw ga akan lupain kalian smw :D
Hidup Pascasarjana sosiologi UI 2010!!
Salam jangkrik..krik..krik..krik

0 komentar:

Posting Komentar